MENU
  • 18 April 2019

Jelajah Pasar Traditional


Tetapi bagi pecinta petualangan dan jenis wisata yang tak terlupakan, mungkin bisa terasa membosankan dan ingin mencoba alternatif lain. Misalnya, kegiatan wisata dengan menjelajahi pasar tradisional, ini boleh dibilang menjadi aktivitas wisata yang Indonesia banget. Selain untuk berburu barang-barang yang mungkin tidak dijual di daerah lain, menjelajah pasar tradisional bisa menimbulkan sensasi tersendiri untuk melepas penat tatkala setiap hari selalu disibukkan dengan rutinitas tertentu. Berikut adalah beberapa pilihan pasar tradisional yang mempunyai ciri dan keunikannya sendiri :


Berbicara tentang Jogjakarta, maka ingatan kita akan tertuju pada batik dan pusat batik di pasar Beringharjo yang berada di dalam kawasan Malioboro.

Pasar Beringharjo sampai sekarang masih merupakan pasar tertua dan terbesar di Jogja, sehingga sering juga disebut dengan Pasar Gedhe (Pasar Besar). Pasar ini telah menjadi pusat ekonomi sejak tahun 1758 dan keberadaannya mempunyai nilai historis dan filosofi yang tidak dapat dipisahkan dengan kraton Jogjakarta. Pasar yang telah berkali-kali dipugar ini melambangkan satu tahapan kehidupan manusia yang masih berkutat dengan pemenuhan ekonominya sehingga mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung di kota Jogjakarta.

Selain terkenal sebagai salah satu tujuan wisata, Beringharjo adalah pusat kegiatan perdagangan produk batik Yogjakarta. Koleksi batiknyapun lengkap, mulai dari kain maupun yang sudah menjadi pakaian. Tapi, tidak hanya batik yang menjadi ciri khas produk yang dipasarkan di sini. Kita juga dapat menjumpai beragam barang-barang klithikan alias barang bekas dan barang antik dengan harga yang menarik, sayur, buah, bahan makanan, pakaian, produk elektronik, jamu, peralatan rumah tangga, sampai cinderamata juga ada di tempat ini.

 whatsapp